Jumat, 13 November 2009

☻☻UBALOKA

au ga apa itu Ubaloka?!...#$
Ada hubungannya dengan dunia pramuka lho..... daripada kebanyakan ngomong langsung aja yuk kita intip What is UBALOKA....?
Ubaloka adalah unit kerja Kwarcab Banyumas. Setiap kali ada kegiatan di Kwacab, Ubaloka pasti ikut berpartisipasi. Entah itu jadi panitia atau sebagai pembantu untuk hal-hal yang lain. Asyiknya...... jadi nambah pengalaman semakin banyak.
Nah....,.siswa SMK Ma’arif NU 1 Cilongok juga ada lho yang ikut Ubaloka yaitu Rudi Irawan, Sudrajat Romadani dan Solikhatul Mukaromah. Ketiga siswa ini mendapat pelatihan khusus. Cie....cie....cie...... Setelah seleksi Ubaloka lolos kemudian mereka mengikuti kegiatan Gladi Tangguh Ubaloka.
Pelatihannya macam-macam misalnya aja cara penolongan korban/pertolongan pertama seperti pembalutan luka, pembidaian, pengecekan korban yang tak sadarkan diri. Ada juga yang lebih menantang yaitu cara memadamkan kebakaran dari cara pemadaman yang sederhana hingga menggunakan mobil pemadam kebakaran. Wah hebat kan.....?? Latihannya OK banget tuch.....
Ssssst..... ada yang gak bisa dilupain dari mulai upacara pembukaan sampai penutupan yaitu kedisiplinan waktu. Jika tidak disiplin, kena hukuman dech.... Tapi meski begitu, hukumannya bermanfaat solanya sering push up. Kan jadi otot lengan kuat.,...... ya kan???

MAKO BRIMOB BS BANYUMAS...... apa sich......??
Artinya itu peserta berlari kira-kira satu jam dari Kwarcab menuju tempat pelatihan. Setiapkali akan melakukan sesuatu harus laporan dulu.
Wuih.... bener-bener disiplinkan Guys...?
Lucunya lagi prend kita Rudi Irawan belum tahu betul akan hal-hal itu pas doski mau ke belakang ditegur oleh Pak Brimob yang lagi tugas piket gara-gara doski gak laporan dulu...... he???
Senjata SS1 buatan Indonesia menjadi senjata tembak yang digunakan, waktu pelatihan gak boleh dimain-mainin donk.... ntar peluru melayang kena orang lah..... bahaya bangets gitu lho........
Next, di pelatihan berikutnya ada yang di air tepatnya di bendungan Gerak Serayu, disini menggunakan perahu karet untuk menolong korban yang berada di air. Berarti mesti pinter renang dong....???? Masa yang nolongin gak bisa renang payah banget....???
Kemudian turun tebing dengan ketinggian kira-kira 30 meter yang berada di Baturraden, disusul perjalanan menuju base camp dengan pemateri dipandu oleh tim SAR BRIMOB BS Banyumas.
Dari tadi kita udah ngebahas macam-macam pelatihan, tapi manfaatnya apa coba dari kegiatan Ubaloka????
Yuk kita lanjutkan lagi... ??? Ubaloka pada dasarnya yaitu tim SAR dari pramuka yang biasa membantu korban bencana alam. Contoh Ubaloka pernah mengirimkan personilnya ke Aceh, gempa di Yogyakarta, gempa di padang dll.
Guys, ternyata gak sia-siakan ikut Ubaloka, jadi tambah prend, menambah pengalaman dan menghargai waktu. So...... jangan buang waktu untuk hal yang negatif..... ☻☻

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi pengunjung blog kami silahkan memberikan comment untuk content blog di sini ...