Jumat, 13 November 2009

Tips Jitu Meningkatkan Ingatan

Guys….. Kadang bahkan sering kita mengalami kesulitan dalam memehami materi yang didapatkan di skul. Apalagi kalau kita putek ngapalinnya. Entah karena apa yang ada dimasing-masing atau karena memang materinya sulit dipahami soalnya dengan bahasa yang terlalu intelektual, tapi apa salahnya kalau kita mencoba tips yang satu ini, agar materi mudah diingat.
Maka kita harus kasih tanda misalnya dengan stabillo, garis bawah warna atau spidol, diingat kembali maksudnya materi tersebut, diulang-ulang lagi. Jadi otak kita selalu open of memory,file-filenya ga’ kena virus lupa.

Guys, ada lagi lho tips-tipsnya, antara lain :
1. Komitmen dalam belajar, kita buat jadwal belajar dan disiplin melakukan jadwal tersebut.
2. Jangan mengandalkan SKS (Sistem Kebut Semalam) tapi belajarlah dalam waktu sedikit namun sering. Otak akan lebih mudah untuk mencernanya.
3. Kemampuan ingat kita biasanya paling tinggi di awal dan diakhir pembelajaran, maka dari itu kita harus memberi tekanan pada tengah pembelajaran, jangan cerita sendiri.
4. Perut jangan sampai kosong, tapi isi dengan makanan yang tinggi protein dan kalori sedang. Jika terlalu kenyang yang ada malah ngantuk sampei buat peta…. dan terbang kelaut India.
5. Tempat belajar diusahakan pecahayaannya harus diperhatikan/desain dinding yang gak bosenin.
6. Sering tanya kepada diri sendiri, apakah meterinya sudah dapat dikuasai.
7. Buat catatan kecil, bukan dengan catatan yang serba panjang lebar, itu sulit dipahami. Lebih baik catatan atas kerja sendiri daripada minta ke orang lain.
8. Jika menemui kesulitan maka bertanyalah kepada yang lebih tahu, jangan jaga gengsi.
9. Berdo’a, dan bertaqwalah pada Allah SWT.

Nah, Guys….. moga bermanfaat nie tipsnya…. Semoga manjur dech, teruslah belajar dan pantang menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi pengunjung blog kami silahkan memberikan comment untuk content blog di sini ...